Informasi Berita Terkini

PENGERTIAN DEFINISI PARAGRAF INERATIF DAN CONTOHNYA

PENJELASAN PENGERTIAN DEFINISI LENGKAP PARAGRAF INERATIF DAN CONTOHNYA - Paragraf Ineratif adalah suatu paragraf yang kalimat utamanya berada di tengah paragraf. Dan biasanya diawali dengan gagasan penjelas sebagai pengantar, lalu disajikan gagasan utama sebagai puncaknya. Setelah itu masih dilanjutkan dengan gagasan penjelas.

Atau Paragraf Ineratif dapat diartikan paragraf yang kalimat utamanya terletak ditengah-tengah paragraf. Cirinya: Kalimat-kalimat penjelas terlebih dahulu, lalu diikuti kalimat utamanya, dan diakhiri dengan kalimat- kalimat penjelas lagi.

Berikut adalah beberapa mengenai Contoh Paragraf Ineratif ::

Contoh paragraf ineratif 1

Thamrin macet total.Kemacetan ini disebabkan jembatan yang menghubungkan kedua jalan tersebut roboh.Hujan deras yang turun lima hari itulah penyebabnya.Nampaknya jembatan itu terlalu tua untuk menahan aliran deras dari arus air

Contoh paragraf ineratif 2

Kemarin tetangga saya bercerita bahwa pada suatu hari ketika menyapu lantai di kamar tamu, dia menemukan sebutir pil. Setelah ditanyakan kepada orang yang mengetahui pil terlarang, ternyata pil itu pil koplo. Dia tahu betul bahwa malam sebelumnya beberapa kawan sekolah anaknya bermain di rumahnya sampai larut malam. Saya menyarankan agar orang tua mewaspadai narkoba. Kejadian itu
baru merupakan contoh kecil. Anak tetangga saya mengeluh pusing-pusing. Ternyata setelah ditanyai beberapa hal oleh orang tuanya, anak itu dipaksa kawannya untuk menelan pil koplo itu.



Contoh paragraf ineratif 3 : 

Sepulang mudik, mobil Saipul Jamil mengalami kecelakaan di Tol Padalarang Km 97 arah Jakarta. Malang baginya, kecelakaan itu menewaskan istri tercintanya, Virginia. Saipul sendiri dan beberapa penumpang lainnya selamat walau luka-luka. Ibarat sudah jatuh tertimpa tangga pula, musibah yang dialami Saipul bak tak ada hentinya. Ia ditetapkan sebagai tersangka atas musibah yang dialaminya. Padahal, Saipul sudah bersumpah, dia tidak dalam keadaan mengantuk. Saat peristiwa kecelakaan terjadi, ia dalam kondisi bugar.

Kalimat penjelas 1:
Sepulang mudik, mobil Saipul Jamil mengalami kecelakaan di Tol Padalarang Km 97 arah Jakarta.

Kalimat penjelas 2:
Malang baginya, kecelakaan itu menewaskan istri tercintanya, Virginia.

Kalimat penjelas 3:
Saipul sendiri dan beberapa penumpang lainnya selamat walau luka-luka.

Kalimat utama:
Ibarat sudah jatuh tertimpa tangga pula, musibah yang dialami Saipul bak tak ada hentinya.

Kalimat penjelas 4:
Ia ditetapkan sebagai tersangka atas musibah yang dialaminya.

Kalimat penjelas 5:
Padahal, Saipul sudah bersumpah, dia tidak dalam keadaan mengantuk.

Kalimat penjelas 6:
Saat peristiwa kecelakaan terjadi, ia dalam kondisi bugar.

Itulah Penjelasan mengenai Arti dari Paragraf Ineratif beserta contohnya , semoga bisa bermanfaat buat pembaca sekalian.

PENGERTIAN DEFINISI PARAGRAF INERATIF DAN CONTOHNYA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Wahyu N Arifin