Informasi Berita Terkini

PROFIL BIODATA INDRA SYAFRI PELATIH TIMNAS INDONESIA U 19

PROFIL BIODATA INDRA SYAFRI PELATIH TIMNAS INDONESIA U-19 - sebelumnya kami telah berbagi informasi tentang Profil Biodata Evan Dimas Darmono Kapten timnas Indonesia U-19 dan kali ini akan mengulas FOTO PROFIL BIODATA DAN BIOGRAFI INDRA SYAFRI PELATIH TIMNAS INDONESIA U-19

Profil Biodata Indra Syafri Pelatih Timnas Indonesia U 19

Foto Indra Syafri Pelatih Timnas Indonesia U 19Nama Lengkap : Indra Syafri
Tempat Lahir : Padang, Sumatera BaratSumatera
Tanggal Lahir : 2 Februari 1963
Kebangsaan : Indonesia
Posisi : Pelatih Timnas U-19
Prestasi : Mengantarkan Timnas Indonesia U 19 ke Piala Asia AFC u19 Di Myanmar Tahun 2014

Indra Syafri mulai menangani timnas Indonesia U-16 yang tampil pada babak penyisihan pada Piala Asia U-16, di Thailand pada Tahun 2011. Meski mencatat hasil impresif termasuk menggasak Guam dengan Skor Telak Yaitu 17-0, Indra gagal mengantarkan timnas Indonesia ke putaran final. Indonesia tersisih karena hanya berada di posisi tiga klasemen akhir grup di bawah Thailand dan Australia. Hasil minor itu disebut Indra sebagai ‘buah’ tiadanya kompetisi level usia muda yang konsisten di Indonesia. Sehingga, ketika pelatih ingin membentuk timnas harus menjaring pemain lewat seleksi ulang. Kegagalan tidak mengurangi kepercayaan PSSI kepada Indra Syafri. Pria kelahiran Batang Kapas itu dipercaya memegang timnas U-17 hingga timnas U-19.

Pada Saat kondisi kisruh sepak bola nasional, ia sukses mempersembahkan trofi HKFA, hongkong pada Tahun 2012 dan mempertahankannya ditahun 2013. Setelah KLB dan masuknya pengurus KPSI kedalam kepengurusan PSSI, Indra Syafri sempat mengalami dilema seputar kelanjutan timnas U-19 yang ia tangani dua tahun terakhir. Namun ia enggan berspekulasi terkait masa depannya, ia hanya berharap seluruh pemangku kepentingan sepak bola di Indonesia bergandeng tangan dan bekerja keras melalui program pembinaan usia muda yang berkesinambungan. Tanpa itu mustahil lahir prestasi di level senior. Jika rapat exco PSSI menghasilkan pergantian pelatih, ia mengaku siap dan berpikir positif  ”Berarti ada orang lain yang lebih baik mengemban kepercayaan itu. Dan saya akan tetap berkomitmen dalam pembinaan usia muda”. Indra jatuh hati kepada usia muda Indonesia karena berdasarkan pengalaman keliling Indonesia dalam memantau pemain, Indra yakin banyak potensi di daerah yang selama ini belum tergali.

Pada awalnya oleh BTN, Indra Syafri ditunjuk sebagai asiten pelatih timnas U-19 mendampingi Blanco yang ditunjuk sebagai pelatih kepala timnas U-19. Namun seperti yang kita ketahui barsama dan kita syukuri Blanco menolak keputusan BTN kala itu dan Indra Syafri secara otomatis naik menjadi pelatih kepala timnas U-19. Pihak BTN percayakan gelaran AFF U-19 kepada dia dan akhirnya mampu meraih Trophy Juara Piala AFF U-19 Tahun 2013.

Indra Syafri mempersiapkan timnas U-19 untuk Piala AFF U-19  pemusatan di mulai pada bulan mei Tahun 2013. Indra Syafri  memanggil pemain yang berada di daerah-daerah, tim SAD, ISL U-21 serta dari divisi 1, 2 dan 3.Pelatih Indra Sjafri menerapkan sistem promosi dan degradasi dan pemilihan seleksi U-19.

Agenda yang disusun Indra dalam mempersiapkan tim sempat berantakan karena Pihak BTN menunda rencana pemusatan latihan yang sedianya berlangsung 20 hingga 30 Mei 2013 di Jakarta. Rancangan awal, Indra berniat membagi seleksi ke dalam dua gelombang. Tanggal 20 sampai 25 Mei diikuti 35 orang, pemain sisanya di tanggal 25 hingga 30 Mei. Jadwal sesuai permintaan BTN, seleksi berlangsung 24-26 Juni di Universitas Negeri Yogyakarta atau UNY. Dari 43, Indra hanya membawa 30 nama. Seleksi berlangsung hingga awal September. Dari beberapa laga ujicoba yang diagendakan melawan timnas U-19 beberapa negara akhirnya tim hanya sekali menggelar uji coba internasional ketika Timnas Indonesias U-19 Mampu menahan Uni Emirates Arab U-19 (UAE) 0-0 di Malaysia, 22 Agustus lalu. Faktor fisik menjadi menu latihan utama beliau saat mempersiapkan tim. “Sekarang fisik mereka jelas meningkat. Apalagi saat tes awal, VO2 Max mereka rata-rata di atas 50. Bahkan ada yang mencapai 58. Idealnya untuk pesepakbola, VO2 Max mereka adalah 60,” terang indra kala itu. Kecuali peningkatan fisik pemain, Indra mengatakan, kemampuan taktik, skil dan mental anak asuhnya juga berkembang.

Pelatih Lokal ternyata tidak kalah dengan pelatih luar negeri dan buktinya pelatih Timnas Indonesia U 19 yaitu Indra Syafri mampu mengantarkan Profil Biodata Evan Dimas Darmono dkk ke Piala Asia AFC U-19 di Mianmar Tahun 2014 dengan Mengalahkan Juara bertahan 12 kali Piala Asia AFC U 19 yaitu Indonesia Vs Korea Hasil Skor 3-2 Kualifikasi Piala Asia AFC U-19 12 Oktober 2013

PROFIL BIODATA INDRA SYAFRI PELATIH TIMNAS INDONESIA U 19 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Wahyu N Arifin