Informasi Berita Terkini

DEFINISI DAN CONTOH KALIMAT AKTIF PALING LENGKAP

PENGERTIAN ARTI DEFINISI DAN CONTOH KALIMAT AKTIF untuk saat ini kami akan mengulas dan membahas mengenai Definisi Kalimat Aktif Dan Pasif . Pengertian Kalimat aktif adalah suatu kalimat yang dimana kalimat pokok melakukan kerja yang dinyatakan oleh kata sebutan yang berupa kata kerja dengan awalan me atau ber.

Sedangkan Arti Definisi Kalimat Pasif Adalah Sebuah kalimat yang dimana pokok kalimat dikenai oleh kata kerja sebutan. Kata kerjanya umumnya diberi awalan di atau ter. Bila berawalan di seringkali sebutan diikuti kata depan oleh yang kadang-kadang dapat dihilangkan. Bila berawalan ter, suatu kalimat bisa merupakan kalimat aktif dengan kata kerja intransitif

Berikut Contoh Kalimat Aktif yang Benar :

- Ia merangkai bunga.
Ia = pokok kalimat (kata ganti), merangkai = sebutan (kata kerja transitif), bunga = pelengkap penderita (kata benda). Oleh karena sebutan merupakan kata kerja transitif, maka harus diikuti kata benda bunga.

- Kuda itu berlari kencang.
Kuda = pokok kalimat, berlari = sebutan (kata kerja intransitif), kencang = pelengkap (kata keterangan/sifat). Oleh karena sebutan merupakan kata kerja intransitif, maka tidak harus diikuti oleh kata benda, dalam kalimat ini oleh kata keterangan/sifat.

- Saya memberi si Polan uang.
Saya= pokok kalimat, memberi = sebutan, uang = pelengkap penderita (object), si Polan = pelengkap penderita tak langsung (indirect object).

- Saya memberi uang pada si Polan.
Dalam kalimat ini, uang = pelengkap penderita (object), si Polan = pelengkap (karena sesudah kata depan, dalam bahasa Inggeris dinamakan prepositional object).

- Saya menerima uang dari si Polan.
Saya = pokok kalimat, menerima = sebutan, uang = pelengkap penderita (object), si Polan = pelengkap (karena sesudah kata depan, dalam bahasa Inggeris dinamakan prepositional object).

- Ia terjatuh ke dalam jurang.
Ia = pokok kalimat, terjatuh = sebutan (kata kerja intransitif), ke dalam jurang = pelengkap. Disini walaupun pokok kalimat tidak sengaja, tapi ia melakukan kerja jatuh.
Berikut beberapa kata kerja yang apabila dipakai sebagai sebutan yang diberi awalan ter, kalimat yang terbentuk adalah kalimat aktif
termakan - terjatuh - termenung - tercengang - terhenti - tersenyum - tertawa – dllsb.

Dan Untuk di Bawah ini kami berikan contoh-contoh kalimat aktif yang menyalahi tatabahasa dan terasa janggal, namun sering dipakai media tulisan atau berita televisi. (Catatan: Contoh-contoh kalimat sejenis pernah dicontohkan pula dalam pasal yang membahas jenis kata dan pasal yang membahas awalan dan akhiran. Disini contoh dipakai dalam hal membentuk kalimat, jadi bukan dimaksud sebagai duplikasi dari penjelasan).

- Mayat korban kecelakaan pesawat udara itu berhasil dievakuasi (?)
“berhasil” adalah kata sifat yang menerangkan kata kerja evakuasi. Namun kata berhasil tidak boleh dipakai dalam kalimat pasif, tetapi selalu dalam kalimat aktif. Dari arti katanya pun, berhasil adalah kata keterangan untuk kata kerja evakuasi (dalam bahasa Inggeris successfully), bukan kata keadaan yang menerangkan kata benda mayat (bukan successful), bukan kata benda (success), dan dalam kalimat itu tidak pula dipakai sebagai kata kerja (succeed).
Kalimat yang betul: Para penolong berhasil mengevakuasi mayat korban kecelakaan pesawat udara itu. Bila diterjemahkan kedalam bahasa Inggeris: “The rescuers successfully evacuated the corps of the aircraft crash victims”.
Sangat tidak cocok terjemahannya menjadi kalimat: “The corps of the aircraft crash victims were successfully evacuated”(?).



- Para perusuh melempari batu kepada petugas keamanan (?) “melempari batu” berarti melemparkan sesuatu kepada batu, padahal maksudnya melemparkan batu lebih dari sekali kepada petugas keamanan.
Harusnya: Para perusuh melempari petugas keamanan dengan batu. Disini petugas keamanan adalah pelengkap penderita, sedangkan dengan batu adalah keterangan, bukan pelengkap penderita.
Kalimat semula/yang salah tak bisa diterjemahkan kedalam bahasa Inggeris akibat salah tata bahasa; kalimat yang telah dibetulkan dapat diterjemahkan: The rioters threw the security officials by stones.

- Para korban akhirnya gagal diselamatkan
- Walau sepuluh mobil pemadam kebakaran dikerahkan, kobaran api gagal dipadamkan.
Pada dua kalimat terakhir, kata gagal tidak dipakai sebagai sebutan/kata kerja, tetapi sebagai kata sifat yang menerangkan sebutan. Sama seperti kata berhasil, kata gagal harus pada kalimat aktif dimana pokok kalimat melakukan kerja, jadi gagal harus diikuti kata kerja berawalan me. Jadi kalimat yang betul adalah:
"(Petugas/Penolong) gagal menyelamatkan para korban".
"Walau….., regu pemadam gagal memadamkan kobaran api".
.
- Dalam pertemuan itu kedua kepala Negara membahas mengenai kerjasama pertahanan(?) “membahas” adalah sebutan/predikat yang berupa kata kerja transitif, jadi harus langsung diikuti kata benda (pelengkap penderita/object) tanpa selipan kata kerja lainnya (mengenai). Dalam suatu kalimat hanya ada satu sebutan/predikat!
Kalimat yang betul: "Dalam pertemuan itu kedua kepala Negara membahas kerjasama pertahanan".
Tanpa kesulitan dapat diterjemahkan kedalam bahasa Inggeris: "In the meeting, both Government Heads discussed the defence cooperation".

Cukup segini saja ulasan mengenai Arti Definisi Pengertian Kalimat Pasif Dan Aktif Beserta Contohnya , semoga pembahasan ini bisa bermanfaat buat rekan-rekan sekalian

DEFINISI DAN CONTOH KALIMAT AKTIF PALING LENGKAP Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Wahyu N Arifin