Informasi Berita Terkini

INILAH PENYEBAB BAN MOTOR DAN MOBIL CEPAT GUNDUL

INILAH PENYEBAB BAN MOTOR DAN MOBIL CEPAT GUNDUL . Perlu diketahui bahwa tidak sedikit para pengguna atau pemilik kendaraan, motor ataupun mobil yang mengabaikan fungsi vital sebuah ban. Ban merupakan bagian atau sebuah komponen kendaraan yang langsung berhubungan dengan aspal jalan seharusnya mendapat perhatian utama dan lebih agar keselamatan dan kenyamanan berkendara dapat terjaga dengan baik.

Akan tetapi pada kenyataannya, ban memiliki fungsi yang sangat vital sekaligus memiliki tanggung jawab berat untuk menopang beban kendaran. Pada sebuah mobil yang beratnya mencapai hitungan tonase, hanya ditopang oleh 4 buah ban. Begitu juga pada sepeda motor. Anda tentunya bisa membayangkan begitu beratnya fungsi ban pada kendaraan. Belum lagi fungsi ini juga harus ditambah dengan kemampuan ban tetap berada pada jalurnya saat mobil berjalan. Jadi wajar saja jika ban merupakan salah satu komponen yang cepat aus dalam penggunaannya.

Khusus bagi Anda pemilik kendaraan baik mobil ataupun sepeda motor, penting sekali untuk mengetahui beberapa hal yang bisa menyebabkan ban kendaraan Anda cepat aus. Dengan mengetahui penyebabnya, harusnya Anda bisa juga mengatasi agar tidak terjadi keausan dini pada ban kendaraan Anda.

Penyebab Ban Mobil atau Motor Cepat Aus gundul atau Botak sebelah


    Ban Mobil atau Motor Cepat Aus biasanya disebabkan oleh kesalahan pengguna saat memcu kendaraannya dalam kecepatan tertentu, yang tidak sesuai dengan spesifikasi ban yang digunakannya. Setiap ban memiliki spesifikasi masing-masing yang terkait dengan kecepatan maksimal yang bisa ditempuh dengan ban tersebut. Kebiasaan kendaraan melaju dengan kecepatan diatasn spesifikasi ban, akan membuat ban cepat aus.

    Pada sebuah mobil, ada suatu mekanisme kendaraan yang harus diperhatikan. Ban pada mobil biasanya hanya akan mengalami aus 2 atau salah satu ban saja. Keausan pada ban mobil ini disebabkan oleh mekanisme setir yang cenderung membuang ke satu arah, saat sudah berjalan sejauh 10.000 km. Karena itu, salah satu atau dua ban mobil biasanya akan mengalamai keausan lebih cepat.

    Kebiasaan pengemudi ataupun pengendara sepeda motor yang sering membawa kendaraanya secara agresif biasanya juga akan menjadi penyebab ban mobil atau motor cepat aus atau tidak awet. Seperti pengendara sering melakukan start yang cepat dan berhenti mendadak. Membelokkan kendaraan dengan cepat, serta pengendara kerap mengendarai kendaraan di antara aspal dan tanah, melalui lubang atau halangan lainnya.

    Tekanan angin yang tidak sesuai ketentuan kendaraan juga sering menjadi penyebab Ban Mobil atau Motor Cepat Aus dan Tidak Awet. Pada sepeda motor maupun mobil biasanya sudah tertulis ketentuan seberapa besar tekanan angin yang diperlukan bagi ban kendaraannya, baik berpenumpang atau berboncengan, maupun dikendarai dalam keadaan kosong. Tekanan angin yang tidak sesuai juga akan menyebabkan ban cepat aus.

    Agar ban tidak cepat aus, perhatikan spesifikasi kecepatan maksimal ban yang bisa digunakan. Jika ban tersebut hanya memiliki kecepatan maksimal 130km/jam, maka jagalah kecepatan kendaraan Anda dibawah atau sama dengan kecepatan maksimal tersebut.

      Pada kendaraan mobil, disarankan untuk melakukan spooring ataupun rotasi ban untuk mencegah keausan ban pada satu titik. Untuk kendaraan berpenggerak roda belakang dan 4 roda, bisa dilakukan rotasi seperti ban depan kiri diputar ke ban belakang kanan, dan ban depan kanan bisa diputar ke belakang kiri. Selanjutnya untuk kendaraan berpenggerak roda depan. Bisa diputar seperti ban bekakang kanan ditaruh menduduki posisi kiri depan. Dan ban belakang kiri ditaruh di ban kanan depan. Atau bisa juga ban depan kanan ditaruh di posisi kanan belakang, dan ban depan kiri bisa ditaruh di posisi kiri belakang.

    Hindari kebiasaan menggeber kendaraan ntuk hal yang tidak perlu, apalagi sampai membuat suara berdecit pada aspal akibat pengereman mendadak atau saat berbelok. Semakin sering kebiasaan mengemudi yang terlalu agresif seperti ini akan membuat ban cepat aus dan tidak awet.

    Selalu cek tekanan angin ban kendaraan Anda agar tetap sesuai dengan ketentuan pabrikan. Tekanan angin yang tidak sesuai dengan peruntukkan dan ketentuan pabrik juga akan membuat ban kendaraan Anda cepat Aus.

Silahkan baca juga Daftar Harga Ban Tubles Terbaru untuk Semua Jenis Motor 2016

INILAH PENYEBAB BAN MOTOR DAN MOBIL CEPAT GUNDUL Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Wahyu N Arifin